PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL SALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI ISLAMIYAH KEDALI

Wahyuni, Isnaini Indah (2023) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL SALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI ISLAMIYAH KEDALI. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
ABSTRAK ISNAINI INDAH WAHYUNI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Salinan SKRIPSI ISNAINI INDAH W. 2023 (FIKS).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, terutama di era society 5.0 yang diawali oleh kemajuan teknologi dan pengetahuan. Dalam konteks pendidikan, Islam mengakui pentingnya ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi berperan dalam pengajaran yang efektif. Penerapan media pembelajaran salah satunya media audio visual, dapat meningkatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik serta membantu menyampaikan materi dengan mudah dan menarik. Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana di lembaga pendidikan MI Islamiyah Kedali yangs berdampak pada pemahaman Siswa pada mata pelajaran Fiqih. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengaplikasikan media audio visual pada pelajaran fiqih di MI Islamiyah Kedali dengan tujuan 1). Untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi rukun, wajib dan sunnah haji. 2). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan media audio visual dalam meingkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif,dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dari penelitian ini yakni menggunakan data collection, data reduction, data display dan verification. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa Penerapan media audio visual dalam pelajaran fiqih di kelas IV yakni sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru memahami kurikulum yang berlaku terutama tentang kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai setelah mempelajari suatu materi pembelajaran dan menyesuaikan penggunaan media audio visual dalam materi yang disajikan supaya hasilnya maksimal. Adapun alat/media yang digunakan dalam pembelajaran fiqih di MI Islamiyah Kedali berupa video. Faktor-faktor yang mejadi penghambat dalam penerapan media audio visual pada pelajaran fiqih meliputi sarana dan prasarana yang kurang memadai khususnya media pembelajarannya, tenaga pengajar atau pendidik yang belum cukup memiliki keterampilan tentang cara menggunakan media, dan tidak semua materi dalam pelajaran fiqih di kelas IV dapat menggunakan media audio visual. Sedangkan faktor pendukungnya yakni dapat mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan siswa untuk mengerti dan memahaminya serta penggunaannya lebih efektif dan efisien

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Audio Visual, Fiqih.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:12
Last Modified: 29 Nov 2023 09:12
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item