PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SMP WAHID HASYIM SUMBERWUDI KARANGGENENG

FALAKH, MUHAMMAD MANGGALA DEZENKA FAJRUL (2022) PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SMP WAHID HASYIM SUMBERWUDI KARANGGENENG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051024_MUHAMMAD MANGGALA DEZENKA FAJRUL FALAKH.pdf

Download (230kB)
[img] Text
18051024_MUHAMMAD MANGGALA DEZENKA FAJRUL FALAKH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang minat belajar siswa pada pembelajaran Fiqih. Dimana minat belajar siswa dirasa kurang dalam belajar ditandai adanya siswa yang kurang memperhatikan guru, berbicara dengan teman, dan siswa yang tidur ketika proses belajar berlangsung. Dengan masalah ini peneliti ingin berusaha memecahkan masalah tersebut melalui penerapan metode snowball throwing. Diharapkan metode ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan lebih aktif dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mendeskripsikan penerapan metode snowball throwing pada pelajaran Fiqih kelas VII di SMP Wahid Hasyim Sumberwudi. 2) Mendeskripsikan pengaruh metode Snowball Throwing terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas VII di SMP Wahid Hasyim Sumberwudi. 3) Mendeskripsikan efektivitas metode Snowball Throwing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Wahid Hasyim Sumberwudi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam pengambilan data menggunakan metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Responden penelitian kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa. Analisis data menggunakan rumus Independent Simpe T-Test dan N-Gain Score. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerepan metode Snowball Throwing dinyatakaan berpengaruh. dari uji analisis yang digunakan yakni uji Independent sample t-test pada minat belajar siswa, diperoleh nilai sig (2-tailed) pada Equal variance assomed sebesar 0.002 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima atau ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode Snowball Throwing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII. Namun dalam tabel efektif N-gain menunjukan cukup efektif dengan diperoleh nilai rata-rata sebesar 72.8%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:55
Last Modified: 29 Nov 2023 09:55
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item