PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI DI MA AN-NAFI’AH BANJARAN KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

MUFARIHAH, RISA LAILATUL (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI DI MA AN-NAFI’AH BANJARAN KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051037_RISA LAILATUL MUFARIHAH.pdf

Download (317kB)
[img] Text
18051037_RISA LAILATUL MUFARIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang sesuai sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat beberapa indikasi seperti kreativitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran sebelumnya banyak siswa yang pasif dan terlihat takut bertanya terhadap guru apabila ada hal yang belum dimengerti, dengan adanya model pembelajaran ini diharapkan siswa lebih aktif dan leluasa bertanya yang belum mengerti dipahami saat proses pembelajaran. Adapun tujuan peneliti adalah (1) Mendeskripsikan proses perencanaan penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning pada pembelajaran fiqih di kelas XI MA An-Nafi’ah Banjaran Baureno Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran fiqih di kelas XI MA An-Nafi’ah Banjaran Baureno Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat diketahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dikelas XI MA An-Nafi’ah, bahwa pelaksanaan pembelajarannya sudah efektif hal ini di tandai dari beberapa kriteria yang terpenuhi, yakni dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil belajar siswa dilihat dari evaluasi siswa dan penilaian guru di tahap akhir pembelajaran dengan diberikannya tugas sehingga bisa mengetahui seberapa dalam pemahaman siswa terhadap materi yang di sampaikan oleh guru, dilihat dari hasil evaluasi pemahaman siswa kelas XI MA An-Nafi’ah dari 22 anak yang aktif 16 anak setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menjadi meningkat menjadi 20 anak yang aktif.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:09
Last Modified: 29 Nov 2023 10:09
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item