PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN AKHLAK SISWA DI SMA SUNANDRAJAD SUGIO LAMONGAN

ABIDIN, AHMAD FAYSHOL (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN AKHLAK SISWA DI SMA SUNANDRAJAD SUGIO LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051011_AHMAD FAYSHOL ABIDIN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
18051011_AHMAD FAYSHOL ABIDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tentang akhlak atau sifat yang ada dalam jiwa yang menjadi suatu kepribadian, dari situlah timbulnya macam- macam perbuatan yang otomatis tanpa memerlukan berfikir. Akhlak tersebut menjadi dua macam, akhlakul kharimah dan aklakul mazmumah. Terbentuknya akhlak yang baik dan akhlak yang tidak baik bisa dilihat dari lingkungannya dan pergaulanya. Oleh karena itu perlu adanya penanaman akhlak agar setiap siswa berbentuk kepribadiannya menjadi pribadi muslim, yang bermoral, baik, jujur, beradab, suci dan juga beriman serta taqwa kepada Allah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk kegiatan penanaman akhlak di SMA Sunan Drajad Sugio Lamongan (2) untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak siswa di SMA Sunan Drajad SugioLamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deskriftif. Metode pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengolahan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah redaksi data, penyajian data, kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, Pertama, dalam melaksanakan penanaman akhlak siswa di SMA Sunan Drajad Sugio Lamongan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru. Diantarannya ialah; Pembiasan, keteladanan, nasehat, motivasi, hukuman, cerita, pengembangan diri, pengawasan. Dengan itu diharapkan agar peserta didik memiliki karakter yang berakhlakul karimah sehingga dapat memahami nilai-nilai kehidupan bermasyarakat. Kedua, strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak siswa di SMA Sunan Drajad Sugio Lamongan yaitu; Strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan akhlak tidak terlepas dari Al-qur’an dan Sunnah. Guru penting dalam menanamkan akhlak siswa seperti menjadi komunikator, motivator, dan menjadi pembimbing. Dalam proses penanaman akhlak siswa di SMA Sunan Drajad Sugio Lamongan guru pendidikan agama Islam menggunakan strategi diantarannya; Strategi Pendekatan, Strategi Perencanaan, Strategi Pembelajaran.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:24
Last Modified: 29 Nov 2023 10:24
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item