YUSUF, NUR HAYATI (2022) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL WERU PACIRAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_20055001_NUR HAYATI YUSUF.pdf Download (281kB) |
|
Text
20055001_NUR HAYATI YUSUF.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman anak terhadap konsep bilangan masih sebatas pada menyebutkan angka, namun belum mampu menunjukkan banyaknya benda serta sebagian besar anak belum mampu menunjukkan lambang bilangan sesuai dengan banyaknya benda. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga anak kurang aktif dalam menemukan pengalamannya sendiri dalam belajar. Pembelajaran juga masih menekankan pada penggunaan LKA sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan perbaikan dalam pemberian stimulus. Dalam penelitian di kelompak A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan yang berjumlah 18 anak diantarannya, 7 orang perempuan dan 11 laki, yang didasarkan pada tingkat pemahaman konsep bilangan. Adapun tujuan penulisan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan permainan memancing angka, (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bilangan anak dengan menggunakan permainan memancing angka. Dalam Penelitian ini, skripsi menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian ini dilakukan untuk membuktikan tingkat pemahaman konsep bilangan anak melalui permainan memancing angka dengan indikator keberhasilan 75. Dengan adanya pengumpulan data yang berisi (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi (4) Tes. Analisis Data dari penelitian ini memiliki beberapa kualifikasi kriteria penilaian yaitu SBB, BSH, MB, BB. Teknik analisis data yang digunakan sudah dalam penelitian ini menggunakan analis data yang sederhana dengan rumus presentase. Penerapan Permainan Memancing Angka pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan dilakukan dengan cara memberikan instruksi kepada anak untuk menyebutkan angka, membilang banyak benda dari 1-10, membandingkan jumlah bilangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan anak yang mencapai kualifikasi berkembang sangat baik, hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata pra siklus kelas sebanyak 61,9 kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 66,3 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 81,6. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka tujuan penelitian ini telah tercapai.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Roudhotul Athfal |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 13:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 15:03 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1755 |
Actions (login required)
View Item |