IMPLEMENTASI MEDIA BALOK IQRA’ DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TEJOASRI LAREN LAMONGAN

SARI, DELLA NUR NILAM (2022) IMPLEMENTASI MEDIA BALOK IQRA’ DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TEJOASRI LAREN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_19055005_DELLA NUR NILAM SARI.pdf

Download (435kB)
[img] Text
19055005_DELLA NUR NILAM SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Adapun permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan di dunia pendidikan adalah kurangnya inovasi guru dalam mengajar. Dalam kaitannya dengan media pembelajaran. TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tejosri banyak memiliki media pembelajaran salah satunya Alat Permainan Edukatif (APE) yang mendukung proses pembelajaran, contohnya media Balok Iqra'. Dengan media balok iqra’ dapat meningkatkan kemampuan membaca anak untuk proses pembelajaran dan dapat diterapkan untuk kegiatan pembelajaran dalam sentra agama. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) untuk mengetahui pengunaan balok iqra’ dalam pembelajaran kemampuan membaca huruf hijaiyah (2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Metode pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan Balok Iqro' selama dua siklus, siklus yang pertama merupakan proses pengenalan media, dan siklus kedua dimulai pembelajaran menggunakan media tersebut dengan cara bermain kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan membaca huruf hijaiyah melalui balok iqra’ pada pra siklus memiliki nilai presentase ketuntasan anak sebanyak 18,2%, pada siklus I presentase ketuntasan anak sebanyak 45,5% dan pada siklus II memiliki nilai presentase sangat meningkat sebanyak 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan media balok iqra’ dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tejosri. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai refrensi dalam melakukan penelitian yang lebih inovatif terutama dalam hal kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan media balok iqra’.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Roudhotul Athfal
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 13:47
Last Modified: 29 Nov 2023 15:04
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item