Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV MI Nurul Huda Ngawun Parengan Tuban

SHOLIHAH, SITI UMMU (2021) Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV MI Nurul Huda Ngawun Parengan Tuban. Magister thesis, universitas darul 'ulum lamongan.

[img] Text
10 SITI UMMU SHOLIHAH_190621010309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_SITI UMMU SHOLIHAH_190621010309-8.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Ummu Sholihah. 2021. Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV MI Nurul Huda Ngawun Parengan Tuban. Tesis, Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr.Sutardi,S.S., M.Pd., (2) Dr. Nisaul Barokati Seliro Wangi, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, Cerita Rakyat, Berbasis Proyek, Saintifik Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa, disebabkan lembaga pendidikan adalah tempat untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia. Dalam pembelajaran pemilihan pendekatan dan metode sangatlah penting untuk menyesuikan tujuan pembelajaran dan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis 1) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik kela IV MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktifitas guru 2) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik di MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktifitas siswa 3) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik di MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif , penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Guru menyiapkan silabus yang berisi KI, KD, RPP pembelajaran yang memuat semua komponen RPP, memilih media yang sesuai dengan pembelajaran, menyesuaikan metode, pendekatan sesuai dengan materi pembelajaran, melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dalam pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Siswa lebih aktif dan kreatif di setiap kegiatan mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir siswa aktif bertanya, mengamati, mengumpulkan informasi, menentukan proyek, mengerjakan proyek, mengkomunikasikan hasil proyek, mengumpulkan dan yang terakhir bersama guru siswa melakukan refleksi pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran ini 75% sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Dari 15 siswa 12 siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM. Bisa dikatakan hasil belajar siswa baik.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca, Cerita Rakyat, Berbasis Proyek, Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 13:59
Last Modified: 29 Nov 2023 13:59
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item View Item