UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI ISLAM PUCANGRO

ARSILAH, KIKI KARTIKA ISMA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI ISLAM PUCANGRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054008_KIKI KARTIKA ISMA ARSILAH.pdf

Download (106kB)
[img] Text
18054008_KIKI KARTIKA ISMA ARSILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kelas IV MI Islam Pucangro terdapat nilai IPS yang masih dibawah (KKM), hal ini dikarenakan siswa kurang konsentrasi saat pembelajaran. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan model pembelajaran jigsaw adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan model jigsaw pada pembelajaran IPS kelas IV MI Islam Pucangro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islam Pucangro tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 19 laki-laki dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus supaya bisa mengetahui peningkatan kualitas pemebelajaran yang diharapkan. Setiap siklus teridiri dari beberapa tahap antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dari pelaksanaan tindakan di lapangan menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa, anget, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa kelas IV MI Islam Pucangro menggunakan model pembelajaran jigsaw mengalami peningkatan mulai dari pre test, post test siklus I, hingga post test siklus II. Hal ini dapat diketahui pada pra siklus nilai rata-rata mencapai 53,3 dengan presentase ketuntasan belajar 11,11%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 75,18 dengan presentase ketuntasan belajar 62,96%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 89,07 dengan presentase ketuntasan belajar 96,29%. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Islam Pucangro tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:00
Last Modified: 29 Nov 2023 15:00
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item