IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI INFARUL GHOY BABAT

AFIDA, DEVI IZATUL (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI INFARUL GHOY BABAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054007_DEVI IZATUL AFIDA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
18054007_DEVI IZATUL AFIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran SKI disekolah, dimana siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Dimana saat guru menyampaikan materi siswa ramai atau bermain sendiri. Hal ini materi yang diberikan tidak tersampaikan secara keseluruhan. Serta siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat atau pertanyaan. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melalui Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dengan adanya model ini proses pembelajaran di kelas dapat mendorong, merangsang, dan siswa lebih aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV MI Infarul Ghoy Babat. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran SKI kelas IV di MI Infarul Ghoy Babat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Adapun pengumpulan data selama proses penelitian meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa terhadap pembelajaran SKI kelas IV pada materi Peristiwa Isro’ Mi’roj dengan menerapkan model pembelajaran student Teams Achievement Division (STAD) sudah mencapai KKM yang telah ditentukan. Adapun hasil belajar siswa terbukti mengalami peningkatan disetiap siklus, pada prasiklus presentase ketuntasan belajar siswa 21.75% masuk kategori kurang sekali, dengan nilai rata-rata 54.68. Pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa 43,75% masuk kategori kurang sekali, dengan nilai rata-rata 71.37. Pada siklus II ini mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar siswa 84.37% masuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 83.43.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:13
Last Modified: 29 Nov 2023 15:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item