PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV DI MI TANWIRUL AFKAR SIDONGANTI WORO KEPOHBARU BOJONEGORO

NI'MAH, DEVI MAGHFIROTUN (2022) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV DI MI TANWIRUL AFKAR SIDONGANTI WORO KEPOHBARU BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054005_DEVI MAGHFIROTUN NI'MAH.pdf

Download (155kB)
[img] Text
18054005_DEVI MAGHFIROTUN NI'MAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini karakter akhlak salah satunya adalah sopan santun. Sopan santun menjadi permasalahan yang sangat di sorot, dan bahkan menjadi PR bagi seluruh elemen masyarakat. Dari permasalahan kenakalan remaja, yang berani melawan guru, bermain fisik seperti menampar, mendorong hingga terjatuh, maupun mengolok-oloknya. Guru yang seharusnya di hormati telah hilang karena tidak adanya karakter siswa. permasalahan yang kerap terjadi dan sudah menjadi budaya di sekolah adalah telat datang ke sekolah, telat masuk kelas, tidur di kelas seenaknya, berkata kasar kepada guru, berpakaian tidak rapi dan masih banyak lagi. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian karena hal ini menganggap bahwa pembentukan karakter merupakan langkah penting untuk merubah kebiasaan buruk menjadi baik. Tentu hal ini membutuhkan peran seorang guru agar tercapai terbentuknya karakter siswa yang baik. Adapun tujuan penelitian yaitu : 1) bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun siswa kelas IV di MI Tanwirul Afkar Sidonganti Woro Kepohbaru ? 2) bagaimana karakter sopan santun siswa kelas IV di MI Tanwirul Afkar Sidonganti Woro Kepohbaru ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. didalam penelitian kualitatif tidak bergantung pada jumlah atau banyaknya hasil yang didapatkan atas suatu perbuatan, namun dalam hal ini akan selalu menitik beratkan pada nilai mutu dan kualitas yang akan diperoleh nantinya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru aqidah akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun siswa kelas IV di MI Tanwirul Afkar Sidonganti ada 5 peran yang dilakukan, yakni sebagai pembimbing, sebagaipendidik, sebagai pengajar, sebagai pelatih dan sebagai penasehat. 2) karakter sopan santun siswa kelas kelas IV di MI Tanwirul Afkar cukup baik dilihat dari Sopan santun dalam bahasa / tutur kata, sopan santun dalam perilaku dan sopan santun dalam berpakaian. Dengan catatan rancangan pembelajaran guru aqidah akhlak lebih dikonsepkan kembali dan program sekolah yang ada dijalankan bersama-sama.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:32
Last Modified: 29 Nov 2023 15:32
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item