UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA QUESTION CARD PADA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS IV MI QOMARUL WATHON TURI LAMONGAN

QIBTIYAH, MARIYATUL (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA QUESTION CARD PADA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS IV MI QOMARUL WATHON TURI LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054001_MARIYATUL QIBTIYAH.pdf

Download (284kB)
[img] Text
18054001_MARIYATUL QIBTIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di MI Qomarul Wathon menggunakan metode konvensional dimana guru berperan sebagai sumber. Hal ini cenderung mengakibatkan siswa pasif dalam pembelajaran serta minat siswa pada pembelajaran semakin berkurang dan akan berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. Maka solusi dalam memecahkan masalah yaitu menggunakan model talking stick dengan media question card. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stick berbantu question card pada pelajaran bahasa Jawa aksara Jawa (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran talking stick berbantu question card pada mata pelajaran bahasa Jawa aksara Jawa. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Qomarul Wathon Turi dengan jumlah 22 siswa. Tindakan pelaksanaan dikatakan berhasil dengan dua siklus. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Penerapan model pembelajaran talking stick berbantu media question card dilaksanakan dengan guru menjelaskan materi melalui menerapkan model talking stick atau tongkat berjalan diiringi dengan nyanyian, media question card sebagai kartu pertanyaan, melalui belajar sambil bermain dikelas, dan memberikan reward. (2) Hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Jawa melalui model talking stick berbantu media question card mengalami peningkatan. Pada pra siklus, hasil pre test menghasilkan nilai rata-rata mencapai 50,45 dengan presentase ketuntasan belajar 22,72%. Pada siklus I nilai post test mendapatkan rata-rata mencapai 70,68 dengan presentase ketuntasan belajar 68,18%. Pada kegiatan post test di siklus II nilai rata-rata mencapai 82,72 dengan presentase ketuntasan belajar 95,45%. Dengan demikian, penerapan model talking stick berbantu media question card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Jawa aksara Jawa kelas IV MI Qomarul Wathon Turi Lamongan. Saran yang diberikan yaitu model talking stick berbantu media question card dapat dikembangkan pada materi bahasa Jawa atau pembelajaran yang lain.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:42
Last Modified: 29 Nov 2023 15:42
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item