ULA, MAS (2022) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN MULYOAGUNG 02 SINGGAHAN TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054004_MAS ULA.pdf Download (258kB) |
|
Text
18054004_MAS ULA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pola asuh dapat diartikan seluruh cara perlakuan orang tua yang diterapkan pada anak. Kurangnya perhatian, bimbingan dan keterlibatan orang tua terhadap proses belajar siswa di rumah mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran dirumah. Sementara itu, banyak orang tua beranggapan bahwa anak mereka setelah diserahkan kepada guru di sekolah maka lepaslah tanggung jawab dan kewajibannya untuk memberikan pendidikan serta motivasi belajar kepada mereka. Padahal bentuk pola pengasuhan orang tua juga sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolahnya. Dari hal tersebut terlihat jelas bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar rendah adalah keluarga yang dalam hal ini adalah pola asuh orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik SDN Mulyoagung 02 Singgahan Tuban (2) untuk mengetahui pola asuh orang tua pada siswa kelas III SDN Mulyoagung 02 Singgahan Tuban. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mulyoagung 02 Singgahan Tuban. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang di gunakan adalah wawancara , observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan secara terstruktur dengan mengunakan pedoman wawancara. Observasi mencari secara langsung informasi yang ada dan dokumentasi yang diambil dari sekolah SDN Mulyoagung 02. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan dalam pengasuhan di SDN Mulyoagung 02 yaitu tipe demokratis dan permisif. Orang tua yang mengunakan pola asuh demokratis cenderung memberikan kebebasan kepada anaknya tetapi di bawah pengawasan orang tua sedangkan orang tua yang mengunakan pola asuh permisif cenderung membiarkan anaknya bertingkah semaunya sendiri tanpa ada pengawasan bimbingan dan motivasi dari orang tua.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 15:56 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 15:56 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
View Item |