ALAWIYAH, HIMMATUL (2022) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PROFESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI IRSYADUT THOLIBIN BULUMARGI BABAT LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054012_HIMMATUL ALAWIYAH.pdf Download (208kB) |
|
Text
18054012_HIMMATUL ALAWIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik. Proses kegiatan pembelajaran di MI Irsyaduth Tholibin Bulumargi masih cenderung bersifat satu arah, peran guru masih sangat dominan, kurang dalam penggunaan model atau media pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif, mudah bosan ketika pembelajaran dan mengalami kesuliatan belajar yang akhirnya hasil belajar siswa rendah. Permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan model dan media pembelajaran, yakni penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media papan profesi, diharapkan pendidik dapat mengembangkan proses pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih aktif, tidak mudah bosan dan mudah memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media papan profesi pada pembelajaran tematik kelas IV MI Irsyaduth Tholibin. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media papan profesi pada pembelajaran tematik kelas IV MI Irsyaduth Tholibin, dengan jumlah 13 siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Adapun pengumpulan data selama proses penelitian meliputi observasi, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media papan profesi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Irsyaduth Tholibin. Pada prasiklus, persentase ketuntasan belajar siswa 23,07% masuk kategori kurang sekali, dengan rata-rata 52,30. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 69,23% masuk kategori kurang, dengan rata-rata 80,00. Pada sisklus II, persentase ketuntasan belajar siswa 92,30% masuk kategori baik sekali, dengan rata-rata 87,69. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media papan profesi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 22:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 22:26 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1776 |
Actions (login required)
View Item |