“PENERAPAN MENEJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH 15 BANJARWATI”

KHOLIQIN, AHSANUL (2022) “PENERAPAN MENEJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH 15 BANJARWATI”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054013_AHSANUL KHOLIQIN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
18054013_AHSANUL KHOLIQIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan sekolah dalam menerapkan MBS dipengaruhi oleh kepedulian pemerintah pusat dan daerah, oleh karena itu diperlukan peran kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi dalam mengelola sekolah. Salah satu sekolah yang menerapkan MBS di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan adalah MI Muhammadiyah 15 Banjarwati. MI Muhammadiyah 15 Banjarwati merupakan sekolah potensial yang memiliki program-program pengembangan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan zaman yang selalu berkembang. Oleh karena itu dalam visi misinya MI Muhammadiyah 15 Banjarwati menekankan sebagai madrasah yang handal dan berorientasi pada masa depan serta mencetak lulusan yang unggul, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan kualitas peserta didik di MI Muhammadiyah 15 Banjarwati. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan peserta didik di MI Muhammadiyah 15 Banjarwati dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan mengacu pada analisis kualitatif, dengan menggunakan pendekatan yang dianggap relevan dengan variabel utama yang diteliti. Adapun informan yang dijadikan sebagai narasumber adalah Kepala Sekolah, Wali kelas V, dan Siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa 1) reduksi data 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan kualitas peserta didik di MI Muhamadiyah 15 Banjarwati. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan 7 komponen MBS yang diterapkan. Serta menguraikan pembinaan peserta didik hal ini dapat dilihat dalam kualitas belajar peserta didik, kualitas hasil belajar atau prestasi yang dihasilkan dan kualitas lulusan yang dihasilkan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 22:52
Last Modified: 29 Nov 2023 22:52
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item