PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA RAK TELUR PELANGI MI AL MUNIROH 3 UJUNGPANGKAH GRESIK

SHEDEK, JAELANI (2022) PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA RAK TELUR PELANGI MI AL MUNIROH 3 UJUNGPANGKAH GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_16054033_JAELANI SHEDEK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
16054033_JAELANI SHEDEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa permasalahan antara lain hasil dan aktivitas belajar siswa kelas III rendah dikarenakan pembelajaran matematika masih berlangsung secara konvensional serta tidak adanya model dan media pembelajaran yang mendukung tercapainya komunikasi pembelajaran antara siswa dan guru. Suatu permasalahan tersebut diperoleh peneliti dari hasil informasi guru kelas III ang bernama Wiwin Farikhadan observasi yang telah dilakukan peneliti di MI ALMUNIROH 3 Ujungpangkah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika melalui model pembelajaran kontekstual dengan media rak telur pelangi pada siswa kelas III MI ALMUNIROH 3 Ujungpangkah Gresik, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kontekstual dengan media rak telur pelangi pada siswa kelas III MI ALMUNIROH 3 Ujungpangkah Gresik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jenis ini terbagi menjadi beberapa siklus, namun peneliti hanya melakukan tindakan yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh data sebagai berikut. Siklus I terdapat ketuntasan belajar klasikal yaitu 48% dengan rata-rata nilai 59,2. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% dengan rata- rata nilai 83. Hasil observasi menunjukkan jumlah skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yakni 523 dengan persentase keaktifan belajar siswa 80%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Jumlah skor yakni 788 dengan persentase keaktifan belajar siswa 96%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual dengan media rak telur pelangi dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa kelas III pada materi perkalian dan pembagian.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 23:04
Last Modified: 29 Nov 2023 23:04
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item