Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir Dengan Pendekatan CTL Pada Kelas IV SDN Warungering Lamongan

Arifin,, Moh Miftakhul (2022) Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir Dengan Pendekatan CTL Pada Kelas IV SDN Warungering Lamongan. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_TESIS MOH. MOFTAKHUL ARIFIN_20062101022-4.pdf

Download (89kB)
[img] Text
TESIS MOH. MOFTAKHUL ARIFIN_20062101022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Arifin, Moh Miftakhul, 2022 Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir Dengan Pendekatan CTL Pada Kelas IV SDN Warungering Lamongan. Tesis. Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Program Pascasarjana. Magister Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: (1) Dr. Sutardi, SS.,M.Pd. (2) Dr. Ida Sukowati, M.Hum. Tujuan penelitian ini ialah Untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir dengan Pendekatan CTL pada Ke las IV SDN Warungering Lamongan, mendeskripsikan kualitas bahan ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir dengan Pendekatan CTL pada Kelas IV SDN Warungering Lamongan, serta untuk mendeskripsikan kevalidan bahan ajar Cerita Rakyat Joko Tingkir dengan Pendekatan CTL pada Kelas IV SDN Warungering Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan statistik. Medel yang digunakan yaitu model penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu catat lapangan, validasi, observasi, angket, dan tes. Dalam penelitian pengembangan buku ajar ini, ada sembilan proses pengembangan yang dilaksanakan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) revisi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi, (8) uji coba luas, (9) revisi. Kualitas buku ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berdasarkan (1) produkya yang meliput,i (a) validasi isi atau materi dinyatakan sangat layak dengan prosentase 95%, (b) penyajian dinyatakan sangat layak dengan prosentase 92%, (c) kebahasaan dinyatakan layak dengan prosentase 96%, (d) grafika dinyatakan sangat layak dengan prosentase nilai 94%. (2) penggunanya yang meliputi, (a) respon guru dinyatakan sangat baik dengan prosentase diperoleh nilai 93%, (b) aktivitas guru dinyatakan sangat baik dengan prosentase 92%, (c) sudut pandang siswa respons siswa dinyatakan sangat baik dengan prosentase diperoleh nilai 98%, (d) aktivitas siswa dinyatakan sangat baik vii dengan prosentase 95%, dan (e) hasil belajar dinyatakan sangat baik denganprosentase 91%. Kata Kunci : Pengembangan, Cerita Rakyat Joko Tingkir, CTL

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Cerita Rakyat Joko Tingkir, CTL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:34
Last Modified: 30 Nov 2023 01:34
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item