INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

SETIAWAN, AGUNG (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text
SKRIPSI AGUNG SETIAWAN-8.pdf

Download (664kB)
[img] Text
SKRIPSI AGUNG SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam mengembangkan kemampuan dan kepribadian terhadap peserta didik melalui proses pengajaran, bimbingan, atau pelatihan serta interaksi peserta didik dengan lingkungannya untuk mencapai manusia yang seutuhnya. Pendidikan bukan hanya menghasilkan manusia-manusia yang hanya mengedepankan kecerdasan otaknya melainkan menghasilkan manusia yang cerdas secara intelektual dan spiritual. Di era revolusi industri saat ini, pendidikan Islam harus berperan dalam merubah pola fikir dan harus menjadi filter-filter terhadap peserta didik dengan menanamkan sebuah nilainilai. Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari yang tertuang dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim merupakan hasil pemikiran pendidikan yang di dalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mencetak anak didik memiliki pribadi yang baik dan berakhlakul karimah. Berangkat dari permasalahan di atas, maka fokus penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari, (2) untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0 dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data primer berasal dari kitab Adabul Alim wal Muta’alim dan sumber skunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini adalah pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan yaitu menjadikan manusia di dalamnya agar mengindahkan moral dan etika. Jika dicermati, pendidikan yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari sudah sesuai dengan UUD No. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas yang berbunyi Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Sehingga, ulasan pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam bidang pendidikan yang mana mengedepankan moral ini sesuai dengan yang dibutuhkan di masa kini.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:40
Last Modified: 30 Nov 2023 01:40
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item