Purwati, Yuli (2022) Pengembangan Media Kartu Bergambar (Berbantuan Google Sites) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
abstrak_TESIS YULI PURWATI_20062101013_S2 PBSI-6.pdf Download (9kB) |
|
Text
TESIS YULI PURWATI_20062101013_S2 PBSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Yuli Purwati. 2022. Pengembangan Media Kartu Bergambar (Berbantuan Google Sites) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Darul Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd. (2) Dr. H. Sariban, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Kartu Bergambar (Berbantuan Google Sites), Menulis Teks Prosedur Secara umum pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis teks prosedur menggunakan media konvensional, belum diterapkan media yang sesuai dengan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media kartu bergambar (berbantuan google sites) dalam pembelajaran keterampilan teks prosedur. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Pengembangan media pembelajaran kartu bergambar (berbantuan google sites) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan tahapan-tahapan pada model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan akan tetapi peneliti menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan media yang telah disederhanakan menjadi 7 tahapan. Hasil penelitian dan dan pengembangan media kartu bergambar pada pembelajaran menulis teks prosedur dari segi kevalidan berdasarkan aspek/ahli isi (konten dan bahasa) yang meliputi pemilihan tema, penyajian, materi kartu bergambar, isi materi, dan keterbacaan bahasa sebesar 95%, sedangkan berdasarkan aspek/ahli media meliputi fisik, desain, dan penggunaan sebesar 100% artinya menunjukkan bahwa media kartu bergambar layak dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Berdasarkan keefektifan diperoleh persentase kategori sangat valid berjumlah 26 di atas 82% sampai 100%, sedangkan kategori valid berjumlah 3 yakni dengan persentase 75% sampai 78%. Maka, media kartu bergambar dikatakan sangat valid atau sangat efektif. Selain itu, Hasil akhir menunjukkan media kartu bergambar tersebut sangat valid dan layak dengan persentase 95%, artinya media ini sangat praktis.
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Kartu Bergambar (Berbantuan Google Sites), Menulis Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 01:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 01:50 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1812 |
Actions (login required)
View Item |