Ilmiah,, Yuyun Rizqiyatul (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Psychowriting pada Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP NU Simo Sungelebak. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
YUYUN RIZQIYATUL ILMIAH_20062101008_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_YUYUN RIZQIYATUL ILMIAH_20062101008_TESIS-8.pdf Download (28kB) |
Abstract
ABSTRAK Ilmiah, Yuyun Rizqiyatul. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Psychowriting pada Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP NU Simo Sungelebak. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Maskub, M.H. (2) Dr. H. Musthofa, M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Android, Psychowriting, Cerita Fantasi Proses pembelajaran, tidak bisa lepas dengan adanya bahan ajar atau media pembelajaran. Seringkali guru belum bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, di antaranya belum adanya inovasi dari guru. Akibatnya, siswa menjadi kurang tertarik serta hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Selain itu, kemampuan memahami kondisi psikologis/karakter masing-masing siswa juga harus dimiliki oleh pendidik agar pembelajaran bisa bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin mengembangkan suatu inovasi media pembelajaran, yaitu pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efisiensi, keefektifan, dan kemenarikan produk. Serta tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efisiensi, keefektifan, dan kemenarikan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan angket/kuesioner. Metode observasi digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran yang sedang diterapkan di kelas. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat efisiensi, efektivitas, serta kemenarikan produk yang telah diujicobakan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall dengan menyederhanakan 10 langkah menjadi 6 langkah pengembangan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan, (5) penyempurnaan produk awal, dan (6) uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) produk mendapatkan hasil prosentase nilai efisiensi dari ahli media sebesar 98% serta ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai rata-rata hasilnya sebesar 99% dengan kategori sangat baik. (2) produk mendapat nilai keefektifan sebesar 86% dengan kategori sangat baik. (3) produk mendapat nilai kemenarikan skala kecil sebesar 87,2% dengan kategori sangat baik serta mendapatkan nilai kemenarikan skala besar sebesar 88,02% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Android, Psychowriting, Cerita Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 01:57 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 01:57 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1817 |
Actions (login required)
View Item |