IMPLEMENTASI PROGRAM COMPRHENSIVE GUIDANCE AND COUNSELING DALAM PENGEMBANGAN POTENSI SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 LAMONGAN TH. PELAJARAN 2019-2020

AVIYANTI, RANI (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM COMPRHENSIVE GUIDANCE AND COUNSELING DALAM PENGEMBANGAN POTENSI SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 LAMONGAN TH. PELAJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
SKRIPSI RANI AVIYANTI 16051017-9.pdf

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI RANI AVIYANTI 16051017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Program Comprehensive, Guidance and Counseling, Potensi Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui peran dan tugas sekolah dalam mengimplementasikan program comprehensive guidance and counseling dalam mengembangkan potensi siswa, (2) mengetahui pengaruh dari program comprehensive guidance and counseling terhadap perkembangan siswa MAN 2 Lamongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model deksriptif kualitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus, maka dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dan dalam analisis data, ada tiga yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan/verifikasi Penelitian dilakukan selama bulan juni sampai berakhirnya penelitian skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan yaitu: 1) peran dan tugas madrasah dalam mengimplementasikan Program Comprehensive Guidance and Counseling dalam pengembangan potensi siswa, (2) pengaruh program comprehensive guidance and counseling Program comprehensive guidance and counseling tercakup kedalam 4 bidayang layanan yaitu: layanan dasar, layanan individual dan kepeminatan, layanan responsive, dan dukungan system. Peran dan tugas madrasah dalam pengimplementasikan program memantau implementasi program, menerima masukan dan laporan mengenai program, mengevaluasi program dan memantau perkembangan program. Selain itu juga menyelesaikan masalah siswa yang belum bisa terselesaikan di wali kelas, guru BK, dan kesiswaan. Pengaruh dari program tersebut adalah siswa bisa masuk ke dalam ranah sesuai dengan IQ nya sesuai dengan kepeminatannya sesuai dengan jurusan masing-masing.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:14
Last Modified: 30 Nov 2023 02:14
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item