IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH PERGURUAN PUTRI ISLAM (PPI) BINTANG SEMBILAN KAUMAN BABAT DI MASA PANDEMI COVID-19

AFIFAH, NURUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH PERGURUAN PUTRI ISLAM (PPI) BINTANG SEMBILAN KAUMAN BABAT DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
SKRIPSI NURUL AFIFAH (17051038)-9.pdf

Download (163kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL AFIFAH (17051038).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Minat belajar, Pandemi Covid-19 Latar belakang masalah ini adalah terdampaknya pendidikan di Indonesia karena wabah virus covid-19. Oleh karena itu pemerintah membuat kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran tidak terhenti meskipun ditengah wabah yang sedang melanda Indonesia. Pada saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, seringkali siswa kesulitan dalam menerima materi, dimana siswa mengalami kejenuhan ketika menerima materi pelajaran secara daring. Untuk itu, perlu adanya pelaksanaan yang tepat dalam melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga dapat kembali meningkatkan minat belajar siswa. Seperti yang dilakukan di MI PPI Bintang Sembilan yang melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media sosial yang mampu dijadikan untuk media pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif yang bertujuan membuat deskripsi yang ditemukan oleh peneliti terhadap fakta tertentu, dimana akan dijelaskan apa saja yang ditemukan oleh penulis selama melaksanakan penelitian. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh di MI PPI Bintang Sembilan menggunakan media pembelajaran yang beragam seperti youtube, google formulir dan lain sebagainya, sehingga memberikan warna baru bagi siswa. Karena pelaksanaan yang tepat, pembelajaran jarak jauh di MI PPI Bintang Sembilan mampu meningkatkan kembali minat belajar siswa kelas Va. Meskipun pembelajaran dilaksanakan dengan baik, namun ada hambatan yang diterima siswa seperti terkurasnya kuota data dan kekuatan sinyal yang kurang baik. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan untuk lembaga dapat mengembangkan kreativitas dan mampu bersaing dengan lembaga lain. Bagi guru agar lebih kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan untuk peneliti sebagai tugas untuk memenuhi penelitian.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:19
Last Modified: 30 Nov 2023 02:19
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item