PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA WACHID HASJIM MADURAN 2022/2023

Biroudloh, Fiqiyah (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA WACHID HASJIM MADURAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text
Abstrak_19032057_FIQIYAH BIROUDLOH.pdf

Download (124kB)
[img] Text
19032057_FIQIYAH BIROUDLOH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif apabila pendidik memilih media yang tepat dalam penerapan pembelajaran, salah satunya materi menulis teks negosiasi dalam penelitian ini yang diterapkan dengan menggunakan media canva. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan mengggunakan media canva pada materi menulis teks negosiasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2023 di SMA Wachid Hasjim Maduran. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia dan 25 siswa kelas X di SMA Wachid Hasjim Maduran. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini yaitu tenik observasi, tes, dan angket. Observasi dilakukan dengan mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas guru dan aktivitas pada siswa. Tes dilakukan untuk memperoleh data hasil ketuntasan belajar dari 25 siswa. Angket dilakukan untuk memperoleh data respon siswa terhadap keefektifan media canva yang diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media canva ini “efektif” untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Keefektifan tersebut didukung oleh data (1) hasil obervasi guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa yang mendapat kategori “sangat baik” (2) hasil ketuntasan belajar siswa mendapat kategori “sangat baik” (3) angket respon siswa dan aktivitas guru mendapat kategori “sangat baik”.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, aplikasi canva, teks negosiasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ikrimatul ulumiyyah
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:33
Last Modified: 30 Nov 2023 02:33
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item