PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs DARUSSALAM BULUBRANGSI KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN

HASANAH, BADRIYATUL (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs DARUSSALAM BULUBRANGSI KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
Skripsi Badriyatul Hasanah 17051017-8.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Skripsi Badriyatul Hasanah 17051017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci:Strategi Pembelajaran Ekspositori, Pemahaman Siswa, Pelajaran Fiqih. Guru merupakan peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan manjunya anak didiknya. Oleh karena itu sebelum guru melakukan pembelajaran berlangsung guru harus memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya supaya peserta didik merasa senang dalam belajar. Strategi pembelajaran ekspositori yaitu seorang guru menyampaikan materi secara verbal kepada peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Oleh karena itu peneliti mengajukan judul Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Darussalam Bulubrangsi. Dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VII MTs Darussalam Bulubrangsi? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada saat menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII MTs Darussalam Bulubrangsi?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualittaif deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini di akhiri dengan kesimpulan bahwa: guru fiqih di MTs Darussalam kelas VII dalam meningkatkan pemahaman peserta didik sangat baik, sehingga peserta didik bisa menerima dengan senang saat proses pembelajaran, karena guru saat menjelaskan materi tidak hanya menggunakan strategi ekspositori saja tetapi guru menggunakan variasi metode dengan tujuan agar peserta didik tidak mudah bosan. Hal ini juga tidak terlepas dukungan dari guru yang selalu berusaha untuk bisa meningkatkan pemahaman peserta didiknya. Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya dapat memperdalam kembali mengenai strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:02
Last Modified: 30 Nov 2023 03:02
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item