PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI TARBIYATUL BANAT

FAUZIAH, ELIF MAFATIKHUL (2021) PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI TARBIYATUL BANAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
SKRIPSI ELIF MAFATIKHUL FAUZIAH (17051012)-8.pdf

Download (313kB)
[img] Text
SKRIPSI ELIF MAFATIKHUL FAUZIAH (17051012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan. Pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan dalam diri setiap individu, karena di era revolusi digital yang semakin pesat dan telah mengubah sendi-sendi kehidupan, kebudayaan serta tumbunya masyarakat padat pengetahuan, masyarakat informasi, dan masyarakat jaringan yang membuat pengetahuan, informasi dan jaringan menjadi modal penting dalam kehidupan. Sehingga penguatan pendidikan karakter disekolah dasar merupakan pondasi awal bagi pembentukkan karakter siswa. Pendidikan di MI Tarbiyatul Banat Simo telah menerapkan pendidikan karakter melalui rangkaian kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah. Kegiatan keagamaan MI Tarbiyatul Banat dilaksanakan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah yakni membentuk karakter peserta didik yang islami, sebagai insan yang berdaya saing juga sebagai siswa yang berbudi luhur. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI Tarbiyatul Banat. Tujuan diadakannya penelitian ini merupakan langkah awal dan sebagai tolak ukur sekolah untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan dan juga mengetahui strategi yang diterapkan dalam proses pembentukkan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model milles and huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan kegiatan keagamaan dimadrasah dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur. (2) nilai karakter yang ditanamkan dimadrasah meliputi nilai religius, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, perduli terhadap orang lain, kerja sama, serta kerja keras. (3) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan keagamaan ini adalah kurangnya disipin bagi sebagian siswa yang tidak menerapkan pembisaan tersebut dirumah. Dari faktor penghambatan tersebut pihak sekolah memiliki beberapa solusi antara lain melalui buku jurnal siswa, konseling dengan guru BK, sampai dengan memanggil wali murid untuk mnyelesaikan masalah siswi tersebut.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:10
Last Modified: 30 Nov 2023 03:10
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item