PENERAPAN INQUIRY LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN KELAS VIII MTs HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG GRESIK

Putri, Nova Eka (2023) PENERAPAN INQUIRY LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN KELAS VIII MTs HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text
Abstrak_19032031_NOFA EKA PUTRI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
19032031_NOFA EKA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang menuntut siswa untuk berpikir dan menuangkan ide-ide kreatif. Salah satu pembelajaran menulis yang dipelajari oleh siswa tingkat SMP/MTS diantaranya adalah menulis teks ulasan. Teks ulasan merupakan teks yang digunakan untuk mengkritik peristiwa atau karya seni untuk pembaca atau pendengar, seperti film, pertunjukan, kompetisi, dan lain sebagainya. Menurut hasil observasi awal penulis, bahwa nilai siswa kelas VIII A dalam materi menulis teks ulasan masih tergolong rendah. Maka, diperlukan adanya perbaikan melalui model ataupun metode yang harus digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks ulasan. Pemilihan model inquiry learning membuat siswa untuk menemukan sehingga menjadikan siswa berpikir kritis, dan pemilihan metode mind mapping digunakan untuk menyalurkan penemuan siswa dalam bentuk yang kreatif dan sesuai pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan inquiry learning dengan metode mind mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan ditinjau berdasarkan (1) perencanaan, (2) aktivitas siswa dan guru, (3) hasil belajar siswa, dan (4) respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat reflektif. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A MTs Hidayatul Ummah Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan lembar observasi siswa dan guru, tes keterampilan menulis teks ulasan, dan lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perencanaan guru meliputi menyusun RPP dan silabus. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 84,23% menjadi 95,25%. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 79,4% menjadi 94,8%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 69,2% menjadi 88,4%. Sementara mean meningkat dari 74,8 menjadi 78,4. Respon siswa meningkat dari 77,6% menjadi 86,1%. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Learning, Mind Mapping, Teks Ulasan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ikrimatul ulumiyyah
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:37
Last Modified: 30 Nov 2023 03:37
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item