PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MASA COVID 19 DI SMP NEGERI 1 KARANGGENENG

ULYA, HIMATUL (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MASA COVID 19 DI SMP NEGERI 1 KARANGGENENG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
fix SKRIPSI-HIMMATUL ULYAl.docx.pdf

Download (99kB)
[img] Text
fix SKRIPSI-HIMMATUL ULYA.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Peran, Bimbingan Konseling, Kesulitan Belajar. Covid-19. Skripsi ini membahas tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Karanggeneng adapun tujuan dari penelitian ini, penulis ingin melihat Bagaimana kondisi kesulitan belajar peserta didik, pelaksanaakan bimbingan dan konseling dan upaya guru bimbingan dan koseling dalam mengatasi kesulitan belajar di masa Covid-19 peserta didik SMP NEGERI 1 Karanggeneng Dalam penelitian ini peneliti mengemukakan teorinya Hakim. K bahwa kesulitan belajar di sebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Begitu juga dengan teori yang dikemukakan oleh W.S. Winkel bahwa Bimbingan Konseling terdapat dua aspek dalam konseling yakni aspek proses dan aspek tatap muka. Hasil analisis kualitatif bahwa guru bimbingan dan konseling menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yaitu dengan membantu peserta didik secara terus menerus dan jika peserta didik tersebut sedang membutuhkan bantuan, supaya mereka dapat memahami dirinya, sanggup mengarahkan diri dan bertingkah laku wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dengan terlaksananya semua layanan bimbingan dan konseling, kegiatan pendukung di sekolah yang ditunjang oleh pengenalan dan pemahaman serta usaha yang dilakukan terlaksana dengan baik oleh guru bimbingan dan konseling dan berbagai pihak yang terkait di sekolah. Dalam semua layanan bimbingan dan konseling peserta didik juga merasa puas dalam memberikan peningkatan dalam membawa perubahan ke arah positif bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan yang tidak mengalami kesulitan belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari guru bimbingan dan konseling di SMP NEGERI 1 Karanggeneng sangat membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya, pelaksanaan bimbingan dan konseling ini dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan oleh sekolah. Dengan melalui berbagai upaya dari guru bimbingan dan konseling maka peserta didik mampu menyelesaikan dan menghadapi setiap persoalan yang dihadapi sehingga menjadikan peserta didik lebih condong ke arah yang positif. Guru bimbingan dan konseling bekerja sama dengan kepala sekolah, wali kelas dan orang tua peserta didik untuk lebih mengupayakan agar peserta didik menjadi lebih baik dan jerah terhadap hal-hal yang menyebabkan sulit dalam belajarnya. Bimbingan ini berupa materi, motivasi, serta nasehat kepada peserta didik.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:06
Last Modified: 30 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item