PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL DAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM BULUBRANGSI

RUKMANA, ZULIA (2021) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL DAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM BULUBRANGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
fix SKRIPSI-ZULIA v RUKMANA-17051037.docx.pdf

Download (125kB)
[img] Text
fix SKRIPSI-ZULIA RUKMANA-17051037.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran kontekstual dan kooperatif, Peningkatan Prestasi. Model pembelajaran kontekstual ialah model pembelajaran yang model pembelajaran konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi duania nyata. Model pembelajaran kooperatif yaitu konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk – bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa dapat dilihat dari beberapa aspek terutama pada hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui analisa prestasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kontekstual dan kooperatif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Darussalam. (2) Untuk mengetahui analisa perbandingan prestasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Darussalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini ialah (1) Prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kooperatif mengalami peningkatan. (2) Tidak terdapat perbedaan antara model pembelajaran kontekstual dan kooperatif, karna sama-sama dapat meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:14
Last Modified: 30 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item