Azizah, Umi (2023) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al Qur’an Di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum.
Text
ABSTRAK Umi Azizah.pdf Download (84kB) |
|
Text
Salinan SKRIPSI-UMI AZIZAH-19051072.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) | Request a copy |
Abstract
Realitas yang terjadi menunjukkan adanya penurunan minat membaca Al-Qur'an ditengah masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan minat membaca Al-Qur'an. Diantaranya banyak godaan media sosial, televisi, handphone dll. Sementara belajar membaca Al-Qur'an membutuhkan proses yang tidak singkat. Ditambah minat membaca Al-Qur'an yang turun berdampak pada kemampuan membaca Al-Qur'an yang turun pula. Metode yang cepat dan tepat diperlukan guna efisiensi waktu dan tenaga Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode An- Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan? (2) Bagaimana Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Penerapan Metode An- Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan. (2) Mendeskripsikan Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, penentuan informannya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan meliputi kegiatan pendahuluan yang terdiri dari mengucapkan salam, do’a pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran, ustadzah-ustadzah memberikan motivasi. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi yang terdiri dari 4 langkah yaitu: Ustadazah menjelaskan materi, ustadzah menjelaskan makhraj dan tajwid pada materi yang di pelajari, ustadzah membaca dan santriwan santriwati menirukan dan di ulang-ulang, yang terakhir ustadzah memberikan evaluasi. 2) Evaluasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Jihad Gembong Babat Lamongan dengan menggunakan tiga evaluasi yaitu evaluasi harian, evaluasi akhir jilid dan evaluasi belajar tahap akhir.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode An-Nahdliyah, Minat Membaca Al Qur’an, Kemampuan Membaca Al Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dayat Nur X |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 03:05 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 03:05 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2100 |
Actions (login required)
View Item |