UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB EMPAT LIMA BABAT

Sholikhah, Qurrotun Aini (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB EMPAT LIMA BABAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum.

[img] Text
ABSTRAK QURROTUN AINI SHOLIKHAH.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Salinan SKRIPSI-QURROTUN ANI SHOLIKHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan telah diatur oleh pemeritah agar tercipta proses pendidikan yang berkualitas. Pendidikan tidak dilaksanakan untuk orang normal saja akan tetapi anak berkebutuhan khusus atau anak spesial juga berhak memperoleh Pendidikan. Dalam menangani Anak Berkebutuhan khusus (ABK) tidak semuanya sama antara yang satu dengan yang lainnya. Seperti halnya anak autis, tunarungu, tunanetra dan lainnya memiliki cara atau metode sendiri dalam menyampaikan pembelajarannya khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu sangat dibutuhkan upaya guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus tersebut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar, upaya guru dalam mengatasi kesulitan dan mendeskripsikan evaluasi guru Pendidikan agama Islam di SLB Empat Lima Babat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik yang terdiri Tunagrahita, Tunarungu dan Autis di SLB Empat Lima Babat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentas. Data Hasil wawancara dianalisis menggunakan redukasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa (1) peserta didik tunagrahita memiliki keterbatasan fungsi intelektual atau IQ dan kemampuan beradaptasi; peserta didik tunarungu gangguan dalam berkomunikasi; peserta didik autis memiliki hambatan interaksi komunikasi dan tantrum. Kesulitan lainnya antara lain lemah berpikir, lemah berbicara, membaca masih mengeja, berhitung lambat (2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan praktik secara langsung dengan benda-benda yang kongkrit atau nyata seperti, media gamabar, flash card agar dapat mengaplikasikan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari (3) evaluasi guru dilakukan dengan menggunakan tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik dan diukur menggunakan hasil pengamatan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kesulitan belajar, Evaluasi, Berkebutuhan Khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:09
Last Modified: 06 Dec 2023 03:09
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item