STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA “NIBRAS HOUSE” SEKARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BUSANA MUSLIM

KHOLIDIYAH, SITI SAKINATUL (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA “NIBRAS HOUSE” SEKARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BUSANA MUSLIM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_20053008_Siti Sakinatul Kholidiyah.pdf

Download (173kB)
[img] Text
20053008_Siti Sakinatul Kholidiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nibras House Sekaran adalah sebuah butik yang fokus pada penjualan busana Muslim yang dikenal dengan produk-produk fashion Muslim yang berkualitas dan menekankan pada penerapan prinsip-prinsip syariah dalam seluruh aspek bisnisnya, mulai dari pemilihan bahan, desain produk, hingga strategi pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan. Butik ini berupaya untuk menjadi pemimpin dalam industri busana Muslim di Indonesia dengan menjaga konsistensi pada nilai-nilai Islam dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah pada Nibras House Sekaran dalam meningkatkan penjualan busana Muslim dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemasaran syariah pada Nibras House Sekaran dalam meningkatkan penjualan busana Muslim. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Hasil penelitian menunjukkah bahwa, Strategi pemasaran syariah Nibras House Sekaran mencakup berbagai aspek dalam bauran pemasaran, yang meliputi strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Pertama, strategi produk menekankan pada kualitas dan kehalalan produk. Kedua, strategi harga didasarkan pada prinsip keadilan dan kompetitif. Ketiga, strategi tempat memastikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi pelanggan. Keempat, strategi promosi dilakukan secara efektif dan etis. Selain itu, Nibras House Sekaran juga menerapkan faktor-faktor pendukung seperti kejujuran dalam berbisnis, pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan, keadilan dalam setiap transaksi, serta transparansi dalam segala aspek bisnis. Praktik bisnis ini selaras dengan prinsip-prinsip syariah, memastikan integritas dan kepercayaan dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Tantangan utama yang dihadapi meliputi jumlah pemasok yang terbatas dan persaingan bisnis yang ketat. Untuk mengatasi kekurangan ini, perluasan jaringan pemasok serta komitmen terhadap pelayanan yang prima, kualitas produk yang unggul, dan harga yang bersaing menjadi solusi yang efektif. Kelebihan pemasaran syariah di Nibras House Sekaran terletak pada keselarasan dengan prinsip-prinsip syariah dan penetapan harga yang kompetitif, yang perlu terus diperkuat untuk mendorong peningkatan volume penjualan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SITI SAKINATUL KHOLIDIYAH
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:06
Last Modified: 29 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item