Al Ayubi, Adib Shofi Silahudin (2020) ANALISIS SUMATIF BERBASIS HOTS PADA BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII BERDASARKAN TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA, DAN DAYA PENGECOH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032032_ADIB SHOFI SILAHUDIN AL AYUBI.pdf Download (253kB) |
|
Text
20032032_ADIB SHOFI SILAHUDIN AL AYUBI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Al Ayubi, Adib Shofi Silahudin. 2024. Analisis Sumatif Berbasis Hots Pada Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Daya Pengecoh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing : (1) Laila Tri Lestari, M.Pd., (2) Bisarul Ihsan, M.Pd. Kata Kunci : Tingkat Kesukaran, Daya Peembeda, Daya Pengecoh, HOTS Evaluasi Pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dalam bentuk asasmen. Asasmen terbagi atas 2 macam, yaitu formatif dan sumatif. Sumatif Tengah Semester merupakan program penilaianyang dilakukan oleh sekolah dalam waktu 3 bulan. Namun dalam kenyataannya terdapat beberapa masalah yang ditemukan dalam penyusunan sumatif. Pertama, tidak pernah ada pengujian tingkat kesukaran pada soal, sehingga proses penilaian Sumatif kurang maksimal untuk mengarah pada tujuan akhir evaluasi. Penelitian yang berjudul Analisis Sumatif Berbasis HOTS Pada Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Daya Pengecoh ini didasari rasa kerpihatinan terhadap masalah yang ada di lapangan, sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi pada masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil Sumatif Tengah Semester berdasarkan Tingkat Kesukaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, (2) hasil Sumatif Tengah Semester Tengah Semester berdasarkan Daya Pembeda pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, (3) hasil Sumatif Tengah Semester berdasarkan Daya Pengecoh pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MTs Al Khoiriyah Sidodowo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan Teknik dokumentasi berupa link soal Sumatif Tengah Semester yang berjumlah 25 butir soal dan peserta didik yang mengikuti berjumlah 25 peserta didik. Namun tak hanya itu, penelitian ini juga menggunakan Teknik wawancara kepada guru sehingga mengetahui penyebab masalah yang ada dilapangan dan observasi untuk mendapatkan data pendukung penelitian. Hasil yang didapat dalam penelitian: Pertama, berdasarkan tingkat kesukaran terdapat 3 jenis soal yakni soal LOTS yang tediri atas kategori sangat mudah dan mudah, soal MOTS yang terdiri atas kategori soal sedang dan soal HOTS yang terdiri atas kategori sukar dan sangat sukar. Kedua, berdasarkan daya pembeda memperoleh hasil soal yang diterima sejumlah 18 soal, soal yang sebaiknya dibuang sejumlah 1 soal dan soal yang harus dibuang sejumlah 6 soal. Ketiga, berdasarkan daya pengecoh, ada 5 kategori yaitu daya pengecoh sangat baik sejumlah 13, daya pengecoh baik sejumlah 12, daya pengecoh cukup sejumlah 11, daya pengecoh buruk sejumlah 24 dan daya pengecoh sangat huruk sejumlah 9.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ADIB SHOFI SILAHUDIN AL AYUBI |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:56 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:56 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2485 |
Actions (login required)
View Item |