YUFA FAHIRA, YUWINDA (2024) ANALISIS PRINSIP EFEKTIVITAS, EFISIENSI KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI “PANAH SRIKANDI” TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Banjaranyar Kecamatan Baureno). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20042018_YUWINDA YUFA FAHIRA.docx Download (21kB) |
|
Text
20042018_YUWINDA YUFA FAHIRA.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, efisiensi kerja, dan kualitas pelayanan operator dalam layanan administrasi kependudukan melalui aplikasi panah srikandi terhadap kepuasan masyarakat Desa Banjaranyar. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Banjarnyar Kecamatan Baureno dengan melibatkan operator aplikasi panah srikandi beserta 11 sampel masyarakat sebagai informan. Sampel diperoleh melalui purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dalam pengolahan data. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan pada lingkungan pemerintah Desa Banjaranyar selama proses layanan administrasi dilakukan. Pelaksanaan wawancara kepada operator desa dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas serta efisiensi kerja operator dalam memberikan layanan administrasi. Proses wawancara kepada masyarakat sebagai informan pendukung dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas serta efisiensi layanan aplikasi Panah Srikandi dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh operator aplikasi Panah Srikandi. Hasil penelitian ini merupakan pengembangan teoritis serta empiris dalam penyajian data. Data yang digunakan merupakan data primer berasal dari sumber pertama yang menunjukan bahwa hadirnya aplikasi Panah Srikandi sebagai media layanan administrasi kependudukan sudah cukup efektiv dan efisien bagi operator desa. Namun operator pada tingkat kecamatan dan kabupaten belum cukup optimal dalam memberikan respon terhadap operator desa sehingga efisiensi bagi masyarakat masih kurang optimal. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh operator sudah cukup baik. Kata Kunci : Efektivitas, Efisiensi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Yuwinda Yufa Fahira |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2571 |
Actions (login required)
View Item |