PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADI (PAPAN PERBANDINGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP BERBANTUAN QUIZIZZ

Winata, Vina Pandu (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADI (PAPAN PERBANDINGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_20031011_Vina Pandu Winata.pdf

Download (179kB)
[img] Text
20031011_Vina Pandu Winata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Kualitas SDM yang unggul tidak dapat diraih tanpa pendidikan yang berkualitas sehingga diperlukan pembelajaran yang efektif. Proses pembelajaran sekarang ini tidak cukup hanya dengan materi yang disampaikan secara lisan, tetapi perlu adanya proses melibatkan indra lain pada manusia. Hal ini media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mempermudah proses kegiatan mengajar di sekolah, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik sesuai dengan materi. Oleh karena itu, pendidik disarankan menggunakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik dalam belajar seperti menggunakan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari pengembangan alat peraga PADI (Papan Perbandingan) dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP dengan berbantuan Quizizz. Jenis penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VII SMP Islam Bustanul Hikmah, Lamongan. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini melalui wawancara, angket validasi, angket respon, LKPD, tes, dan dokumetasi. Peneliti menggunakan tiga teknik analisis data, yaitu kevalidan alat peraga, keefektifan alat peraga, dan kepraktisan alat peraga. Hasil dari penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata validasi para ahli mendapatkan nilai sebesar 85,91% termasuk kategori “Valid”. Hasil tes peserta didik mendapat nilai ketuntasan klasikal sebesar 85,18 % dari jumlah peserta didik yang termasuk kategori “Efektif”. Hasil angket respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88,14%dan 100% untuk persentase hasil angket respon pendidik termasuk ke dalam kategori “Praktis” Oleh karena itu, alat peraga PADI (Papan Perbandingan) layak digunakan pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: VINA PANDU WINATA
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:47
Last Modified: 05 Nov 2024 05:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item