PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, KEMANFAATAN, DAN AKAD TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM JUAL BELI DI PASAR BABAT

NAFISAH, MAGHFIROH DURROTUN (2024) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, KEMANFAATAN, DAN AKAD TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM JUAL BELI DI PASAR BABAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20041104_MAGHFIROH DURROTUN NAFISAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
20041104_Maghfiroh Durrotun Nafisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman, kemanfaatan, dan akad terhadap penggunaan e-money dalam jual beli di pasar babat. Penggunaan e-money ini sebagai alternatif alat pembayaran non tunai di beberapa negara menunjukkan adanya potensi yang sangat besar untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penggunaan uang tunai, khususnya untuk pembayaran uang tunai dan khususnya lagi untuk pembayaran- pembayaran yang besifat mikro sampai dengan ritel, alat pembayaran non-tunai memberikan manfaat kepada perekonomian, antara lain: tingkat kepuasan konsumen yang semakin bertambah dengan berkurangnya biaya transaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-money dalam jual beli dengan thitung 2,795 > ttabel 1,985. Variabel kemanfaatan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap penggunaan e-money dalam jual beli dengan thitung 1,427 < ttabel 1,985. Dan Variabel akad berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan emoney dalam jual beli dengan thitung 8,143 > ttabel 1,985. Hasil uji F secara simultan variabel pemahaman, kemanfaatan, dan akad berpengaruh secara bersama-sama sebesar fhitung 81,947 > ftabel 2,47 terhadap pengguaan e-momey dalam jual beli di pasar Babat. Hasil nilai adjusted r square sebesar 0,71 atau 71%

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: MAGHFIROH DURROTUN NAFISAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:42
Last Modified: 05 Nov 2024 06:42
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item