PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI BULLYING “PADA SISWA KELAS X DI MA RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN” MOROPELANG BABAT LAMONGAN

MUKHYIDDIN, MUHAMMAD MUKHYIDDIN (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI BULLYING “PADA SISWA KELAS X DI MA RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN” MOROPELANG BABAT LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051007_M.MUKHYIDDIN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
20051007_M.MUKHYIDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis dan akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi bullying di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa atau siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI memiliki peran penting dalam mengatasi bullying melalui pendekatan religius dan moral. Guru PAI mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, memberikan nasehat dan bimbingan, serta menjadi teladan. Selain itu, mereka aktif dalam program pencegahan bullying di sekolah, seperti sosialisasi, seminar, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak negatif bullying dan cara Guru PAI mengatasi bullying dengan memanggil korban dan pelaku untuk dimintai keterangan, memberikan sanksi sesuai tindakan pelaku, dan mengirim surat panggilan kepada orang tua siswa yang terlibat. Untuk kasus bullying yang sangat keterlaluan, guru mencatat nama siswa dalam buku hitam.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. MUKHYIDDIN
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:12
Last Modified: 05 Nov 2024 06:12
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item