Maisyaroh, Siti (2024) ANALISIS SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PADA TOKO ARFA BAURENO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20042089_SITI MAISYAROH.pdf Download (185kB) |
|
Text
20042089_SITI MAISYAROH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) yang diterapkan oleh sebuah toko dalam upaya meningkatkan daya saing dan menarik konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap manajemen toko serta pelanggan yang menjadi target pasar. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan strategi STP yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko menerapkan segmentasi pasar berdasarkan geografi, demografi, psikografi dan perilaku konsumen, dengan fokus pada konsumen muda yang memiliki ketertarikan pada berkualitas. Dalam strategi targeting, toko berfokus pada segmen pasar menengah ke kebawah yang memiliki daya beli tinggi. Sementara itu, dalam hal positioning, toko menempatkan diri sebagai penyedia produk kebutuhan terlengkap dan komitmen dalam menjaga kualitas dengan harga kompetitif serta pelayanan yang memuaskan. Temuan ini memberikan wawasan bagi manajemen toko dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan adaptif terhadap perubahan pasar.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | SITI MAISYAROH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:52 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:52 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2845 |
Actions (login required)
View Item |