PRATAMA, ANDRYAN BAYU (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIFIN MENGGUNAKAN MODEL SEGITIGA DAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA KELAS VII MTS. PUTRA-PUTRI SIMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20031009_ANDRYAN BAYU PRATAMA.pdf Download (149kB) |
|
Text
20031009_ANDRYAN BAYU PRATAMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Model Pembelajaran ARIFIN merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif pada setiap tahapannya dan melatih siswa untuk mengonstruksi pengetahuan mereka melalui serangkaian tahapan meliputi: aksi, refleksi, interaksi, formalisasi, interkoneksi, dan narasi. Peneliti juga menggunakan media pembelajaran agar dapat menarik minat belajar siswa dan mempermudah siswa dalam memahami konsep Segitiga. Media pembelajaran yang digunakan adalah Model Segitiga Dan Permainan Ular Tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep Segitiga siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran ARIFIN menggunakan Model Segitiga dengan Permainan Ular Tangga dan kemampuan pemahaman konsep Segitiga siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional dalam pembelajaran Segitiga di kelas VII MTs. Putra-Putri Simo. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian prettest dan Posttest control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling pada kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan selanjutnya di analisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukan nilai signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep Segitiga siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran ARIFIN menggunakan Model Segitiga dengan Permainan Ular Tangga dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada topik Segitiga.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANDRYAN BAYU PRATAMA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:46 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:46 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2870 |
Actions (login required)
View Item |