Ilmi, Niswatun Madinatul (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELIGENCE. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20031005_Niswatun Madinatul Ilmi.pdf Download (126kB) |
|
Text
20031005_Niswatun Madinatul Ilmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Ilmi, Niswatun Madinatul. 2024. Analisis Kemampuan literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Statistika dengan Menggunakan Pendekatan CTL Berdasarkan Teori Multiple Inteligence. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. Luluk Faridah, M.Pd. (2) Khafidhoh Nurul Aini, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Numerasi, Statistika, CTL, Multiple Inteligence. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi pada siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru sehingga menjadikan pembelajaran matematika terasa sulit dan membosankan. dan juga dikarenakan kemampuan literasi numerasi pada siswa yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal statistika dengan menggunakan pendekatan CTL berdasarkan teori multiple intelligence. Adapun indikator kemampuan literasi numerasi sebagai berikut: 1) mampu mengunakan simbol & angka, 2) mampu menyajikan dalam berbagi bentuk, 3) mampu menafsirkan dan mengambil kesimpulan. Untuk subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Diniyyah NU Tikung. Sedangkan dalam penelitian hanya diambil 9 siswa setiap satu siswa mewakili satu kecerdasan berdasarkan teori multiple intelligence. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, wawancara dan dokementasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa siswa dengan kecerdasan naturalis, interpersonal, linguistik dapat memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi pada soal yang pertama dan kedua, siswa dengan kecerdasan musikal dan existensial dapat memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi pada soal pertama dan memenuhi dua indikator pada soal kedua. siswa dengan kecerdasan visual-spasial, intrapersoal, logis-matematis dapat memenuhi 2 indikator kemampuan literasi numerasi yaitu indikator satu dan dua pada setiap soal. Sedangkan siswa dengan kecerdasan kinestetik tidak memenuhi semua indikator literasi numerasi. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh semua pendidik untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa berdasarkan kecerdasan majemuk.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NISWATUN MADINATUL ILMI |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:46 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:46 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
View Item |