Andriantoro, Suferi (2024) NILAI-NILAI SOSIAL DAN KEAGAMAAN DALAM TRADISI MAYANGI SEBAGAI NUANSA KEARIFAN LOKAL DI DESA KESONGO KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051013_SUFERI ANDRIANTORO.pdf Download (291kB) |
|
Text
20051013_SUFERI ANDRIANTORO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tradisi mayangi disebut juga dengan tradisi ruwatan sukerta, yang mana secara umum dapat diartikan sebagai upacara adat yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan segala bentuk kesialan atau segala bentuk kemungkinan- kemungkinan buruk yang terjadi pada orang yang harus diruwat atau dimayangi. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pelaksanaan tradisi mayangi (2) untuk mengetahui nilai sosial dan keagamaan dalam tradisi mayangi (3) untuk mengetahui implikasi tradisi mayangi dalam pelestarian kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara , observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah (1) langkah langkah pelaksanaan tradisi mayangi ialah sebagai berikut, menyiapakan syarat atau sesaji mayangi, kendurian, pagelaran wayang kulit dan siraman kembang setaman (2) Nilai sosial dalam tradisi mayangi adalah gotong royong, kasih sayang, tanggung jawab dan keserasian hidup. Nilai keagamaan dalam tradisi mayangi ialah, nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlaq. (3) Implikasi tradisi mayangi terhadap pelestarian kearifan lokal ialah tradisi mayangi sebagai bentuk upaya dalam melestarikan budaya.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SUFERI ANDRIANTORO |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:13 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2969 |
Actions (login required)
View Item |