Firmansyah, Irfan (2024) PEMEROLEHAN BENTUK KATA ANAK TUNARUNGU DENGAN SIBI (SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA)DI LBB FIDDIN EDU SUNGELEBAK LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan.
Text
ABSTRAK_20032043_Irfan Firmansyah.pdf Download (121kB) |
|
Text
20032043_Irfan Firmansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pemerolehan kata pada anak merupakan tahapan mendasar dalam perkembangan bahasa yang berfungsi melibatkan peran penting dalam berinteraksi sosial, mengekspresikan diri, dan pemahaman lingkungan sekitar. Seiring dengan pertambahnya usia, anak mengalami proses belajar kata yang rumit , dari kata tunggal sampai menyusun kata demi kata menjadi kalimat yang lebih rumit. Tetapi Anak yang mengalami gangguan pendengaran atau kehilangan pendengaran sebagian atau total adalah anak tunarungu. Mereka dilahirkan dalam keadaan pendengarannya terganggu atau dalam tahap perkembangan mengalami penurunan fungsi pendengaranya. Anak tunarungu tidak dapat belajar bahasa atau memperoleh kemampuan berbahasa atau berbicara dengan cara yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bentuk kata dengan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) yang dikuasai oleh anak tunarungu usia 6-13 tahun di LBB Fiddin Edu Sungelebak Lamongan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, rekam, dan catat. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan korpus data. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini memerlukan proses sekitar sebulan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan atau wawasan baru dalam ilmu kebahasaan. Hasil penelitian ini diperoleh bukti dari pemerolehan kata benda, kerja dan sifat dengan sistem isyarat bahasa indonesia yang dikuasai anak tunarungu usia 6-13 tahun di LBB Fiddin Edu Sungelebak Lamongan. Damar telah menguasai kata benda yang mengacu pada peralatan rumah tangga, peralatan sekolah, serta berbagai jenis buah-buahan. Zidny telah menguasai kata benda yang mengacu pada alat transportasi atau kendaraan. Damar, telah menguasai kata kerja yang mengacu pada aktivitas sehari-hari. Zidny, yang telah menguasai kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas pendidikan. Damar telah menguasai kata sifat yang mengacu pada warna dasar serta kata-kata yang menggambarkan sifat, perilaku, dan karakteristik seseorang. Zidny, telah menguasai kata sifat yang berkaitan dengan penampilan fisik seseorang.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IRFAN FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:56 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3006 |
Actions (login required)
View Item |