ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN KERANGKA KERJA MASON DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

MUJAHIDAH, FERNANDA AFIFAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN KERANGKA KERJA MASON DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20031004_Fernanda Afifah Mujahidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
20031004_Fernanda Afifah Mujahidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan kemampuan berpikir kritis dan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah pada siswa SMP, hal ini dikarenakan oleh tingkat self confidence yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason pada siswa SMP yang memiliki kategori self confidence tinggi, sedang dan rendah. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Model Sumberrejo. Sedangkan dalam penelitian hanya diambil 6 siswa, dengan masing-masing kategori self confidence berjumlah 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Metode angket digunakan untuk mengklasifikasikan siswa berdasarkan self confidence. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai kemmpuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa siswa dengan self confidence kategori tinggi, sedang dan rendah memiliki kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason yang berbeda-beda. Siswa dengan self confidence kategori tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dari kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason, yaitu entry, attack dan review. Siswa dengan self confidence kategori sedang mampu memenuhi 2 indikator dari kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason, yaitu entry dan attack. Siswa dengan self confidence kategori rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator dari kemampuan berpikir kritis berdasarkan kerangka kerja Mason, yaitu entry. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan perimbangan oleh semua pendidik untuk mengetahui self confidence setiap siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FERNANDA AFIFAH MUJAHIDAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:46
Last Modified: 05 Nov 2024 05:46
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item