ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

JANAH, SITI AINUR MALAH (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (SKRIPSI)
20031006_Siti Ainur Malah Janah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20031006_Siti Ainur Malah Janah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Miskonsepsi adalah pemahaman suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep sebenarnya. Miskonsepsi terbagi menjadi empat jenis yaitu teoritikal, klasifikasional, korelasional dan prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi sistem persamaan linear tiga variabel menggunakan metode pembelajatan inkuiri dan three tier test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif yang meibatkan empat siswa dengan miskonsepsi tinggi dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pretes, postes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua subjek mengalami miskonsepsi teoritikal, yaitu kesalahan dalam mendefinisikan persamaan dan metode. Miskonsepsi klasifikasional juga ditemukan, dengan satu subjek melakukan kesalahan dalam mengklasifikasi bentuk persamaan dan sistem persamaan, dua subjek salah dalam mengklasifikasi bentuk persamaan, jenis solusi dan karakteristik sistem persamaan, serta satu subjek salah dalam menentukan jenis solusi dan karakteristik sistem persamaan. Dua subjek menunjukkan miskonsepsi korelasional dengan kesalahan dalam menginterpretasikan soal cerita ke bentuk matematis. Semua subjek mengalami miskonsepsi prosedural dengan kesalahan dalam mengidentifikasi langkah dan operasi aritmatika. Penyebab miskonsepsi meliputi kurangnya minat belajar, penggunaan buku teks yang kurang maksimal, karakteristik materi, penjelasan guru yang kurang dan sedikitnya contoh soal. Metode pembelajaran inkuiri terbukti efektif menurunkan miskonsepsi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran inkuiri dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SITI AINUR MALAH JANAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:46
Last Modified: 05 Nov 2024 05:46
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item