Penerapan Model Project Based Learning Menggunakan Media Terjemah Ayat Alquran Dalam Menulis Puisi Siswa Tahfidz Kelas VIII SMP NU Simo

RONALDO, MUCHAMMAD AFFAN SOFI (2024) Penerapan Model Project Based Learning Menggunakan Media Terjemah Ayat Alquran Dalam Menulis Puisi Siswa Tahfidz Kelas VIII SMP NU Simo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032010_M AFFAN SOFI RONALDO .pdf

Download (13kB)
[img] Text
20032010_M AFFAN SOFI RONALDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia khususnya menulis. Hal ini ditandai dengan rendahnya frekuensi aktivitas menulis siswa, kurangnya minat siswa terhadap aktivitas menulis, dan rendahnya kreativitas siswa dalam belajar mengajar menulis. Kurangnya kemampuan siswa dalam menulis puisi dan rendahnya minat mengungkapkan ide, konsep dan pemikiran dalam bentuk tulisan. Selain model pembelajaran, Suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan harus diciptakan. Kurangnya minat menulis khususnya menulis puisi terjadi pada siswa SMP NU Simo, terutama siswa di kelas tahfidz. Hal tersebut membuat peneliti ingin membuat sebuah penelitian dengan menggunakan model dan media yang akan diterapkan di SMP Nu simo, dengan ini diharapkan peserta didik mampu menulis puisi dengan baik dan menciptakan rasa ketertarikanm dalam menulis puisi. Dalam penelitian tersebut peneliti menggunakan mix metode, yaitu menggabungkan antara metode diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui hasil proses menulis peserta didik dengan adanya perhitungan dan deskripsi hasil tersebut. Penelitian tersebut terdapat hasil proses pembelajaran dan pengujian media terjemah ayat alquran untuk menulis teks puisi siswa SMP kelas VIII. Pada proses Pretest atau sebelum adanya media memiliki skor terendah (min) dengan nilai 70, sedangkan skor tertinggi (max dengan nilai 78, nilai rata-rata (mean) dengan skor 73.63 dan standar deviasi dengan nilai 2.018. Pada proses Posttest atau sesudah adanya media memiliki skor terendah (min) dengan nilai 85, sedangkan skor tertinggi (max dengan nilai 92, nilai rata-rata (mean) dengan skor 88.21 dan standar deviasi dengan nilai 1.911. hasil tersebut menunjukkan bahwa postest nilai lebih tinggi dibandingkan dengan pretest atau sebelum adanya media. Respon peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media terjemah ayat alquran mendapatkan respon yang baik dengan nilai tertinggi adalah 47. Tanggapan atau respon tersebut diperoleh dari 10 pertanyaan. Hal ini membuktikan bahwa peserta didik tertarik dengan pembelajaran tersebut dan terdapat pengaruh yang baik. dengan adanya media pembelajaran tersebut menunjukkan kreatifitas dan imajinasi peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum adanya media pada pembelajaran menulis puisi. Kata Kunci : Model PjBL, media terjemah ayat Alquran, menulis puisi

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: MUCHAMMAD AFFAN SOFI RONALDO
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:54
Last Modified: 05 Nov 2024 05:54
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item