Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Duriwetan dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Teori Nolting

M. dimas arfiansyah mujadid, Dimas (2024) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Duriwetan dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Teori Nolting. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK_20031021_Zahrotul Erikkha Agustin.pdf

Download (8kB)
[img] Text
20031021-ZAHROTUL ERIKKHA AGUSTIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Duriwetan dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun datar segi empat berdasarkan Teori Nolting. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yakni 3 siswa dengan kemampuan matematis kelompok bawah dan 3 siswa dengan kemampuan matematis kelompok atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui 6 jenis kesalahan yang dilakukan siswa ditinjau dari kemampuan matematis kelompok bawah dan kemampuan matematis kelompok atas berdasarkan Toeri Nolting yaitu: kesalahan membaca petunjuk, kesalahan ceroboh, kesalahan konsep, kesalahan penerapan, kesalahan pengerjaan saat tes dan kesalahan belajar. Pada kelompok bawah kesalahan paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konsep, siswa tidak memahami konsep penyelesaian matematika yang digunakan sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal sesuai dengan prosedur yang dibutuhkan. sedangkan pada kelompok atas kesalahan paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan membaca petunjuk dan kecerobohan, siswa kurang memahami petunjuk pengerjaan soal dan tidak berhati-hati dalam menyelesaikan soal baik pada saat penulisan rumus atau ketika melakukan perhitungan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ZAHROTUL ERIKKHA AGUSTIN
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:47
Last Modified: 05 Nov 2024 05:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item