Indah Ayu, Vegi (2024) ANALISIS PERAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS 8 di SMPIT Al Ibrah Gresik. Skripsi thesis, Universitas Darul Ulum Lamongan.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051002_Vegi Ayu Indah.pdf Download (252kB) |
|
Text
20051002_Vegi Ayu Indah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai – nilai pancasila. Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama,yaitu : beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter cinta tanah air siswa kelas 8 di SMPIT Al Ibrah, dan untuk mengetahui dampak peran Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter cinta tanah air siswa kelas 8 di SMPIT Al Ibrah Gresik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter siswa berperan sebagai indikator standar kelulusan peserta didik. Adapun penerapannya dapat memberikan dampak positif, yakni dapat embantu siswa untuk menjadi pribadi yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, dan kreatif, dan menjunjung tinggi membentuk karakter siswa cinta tanah air .
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Vegi Ayu Indah Permatasari |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:11 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:12 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3256 |
Actions (login required)
View Item |