sholeh, mochammad (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MAN 2 LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM LAMOMGAN.
Text
20051052_MOCHAMMAD SHOLEH.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051052_MOCHAMMAD SHOLEH.docx Download (17kB) |
Abstract
Dalam Agama Islam akhlak memiliki kedudukan yang istimewa. Hal ini berdasarkan kaidah bahwa Rasulullah SAW menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai misi pokok agama Islam. Akhlak juga digunakan sebagai tolak ukur keimanan pada seseorang, serta untuk mencapai kesempurnaan akhlak yang baik dibutuhkan adanya bimbingan serta pembinaan. Permasalahan yang ada di MAN 2 Lamongan menarik peneliti mengambil judul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Kelas XII di MAN 2 Lamongan adalah pada dasarnya guru sudah mencerminkan perilaku yang baik dan dapat dijadikan contoh atau teladan bagi siswa, akan tetapi sebagian dari siswa memang sulit untuk diarahkan secara langsung, sehingga memerlukan pembinaan akhlak pada siswa tersebut. Pada para siswa-siswi merupakan masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak pada mereka, sehingga dapat meminimalisir penyimpangan yang akan dilakukan oleh siswa. Dan perlu adanya suatu upaya yang harus dilakukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan akhlak siswa khususnya tingkah laku, agar siswa memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlak pada siswa kelas XII di MAN 2 Lamongan, serta metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak dan faktor pendukung ataupun faktor penghambat apa saja yang dialami oleh guru dalam membina akhlak pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XII di MAN 2 Lamongan. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis kemudian data dianalisis menggunakan triangulasi dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MAN 2 Lamongan yaitu berperan sebagai: Korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Inisiator, Fasilitator, Demonstrator, Mediator, Supervisor, Evaluator. Dengan melalui metode: keteladanan, melalui metode nasehat, melalui metode pembiasaan, melalui metode ceramah dan melalui metode diskusi. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di sekolah ini tidak lepas dari tujuan yang ingin dicapai yaitu siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki akhlak mulia atau budi pekerti yang luhur baik di lingkungan sekolah maupun dilingkungan yang lebih luas dalam kehidupan sehari-hari. Adapun akhlak siswa di MAN 2 Lamongan setelah dilakukan pembinaan menunjukkan ada perubahan kearah yang lebih baik. 2) Tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MAN 2 Lamongan. a) Faktor pendukung yaitu: Fasilitas, ( kelas dan mushollah), Pendidik, ( guru dan orang tua). b) Faktor penghambat yaitu: siswa susah untuk dinasehati, lingkungan yang kurang baik dan kurangnya dukungan dari orang tua. Sedangkan upaya yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak siswa, yaitu: Memberikan bimbingan kepada siswa di sekolah, selalu mencontohkan perilaku yang baik seperti selalu mengucapkan salam, sopan, santun, disiplin dan memberikan semangat dalam belajar serta mengajarkan sikap rela berkorban.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOCHAMMAD SHOLEH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:40 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3257 |
Actions (login required)
View Item |