Jesica, Elena (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP 45 3 KEDUNGPRING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
Abstrak_20032052_Elena Jesica.pdf Download (137kB) |
|
Text
SKRIPSI_20032052_ELENA JESICA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia menduduki peringkat terbawah pada bidang literasi dan numerasi. Berdasarkan skor Programme For Internationel Student Assessment (PISA) 2018, Indonesia berada pada kondisi yang memprihatinkan. Telah bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada kemampuan literasi dan numerasi di jenjang sekolah dasar dan menengah pertama. Kondisi tersebut perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak termasuk pemerintah. Untuk mengatasi hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mencentuskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program tersebut ialah Kampus Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau memaparkan hasil implementasi program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa SMP 45 3 Kedungpring. Secara garis besar implementasi program kampus mengajar memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, serta administrasi sekolah pada sekolah penugasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini merupakan yakni wawancara, pre test AKM, post test AKM, dan kegiatan siswa selama mengikuti program Kampus Mengajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aktivitas dalam analisis data tersebut meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat empat pembahasan terkait implementasi program kampus mengajar yaitu: (1) rencana program kampus mengajar pada aspek literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah, (2) implementasi program kampus mengajar pada aspek literasi seperti GLS, pojok baca, madding, kelas tambahan bahasa Inggris, pretest dan post test literasi, pada aspek numerasi seperti kuis, senam pagi, proyek taman indah, dan penyusunan media pembelajaran, pada asepek adaptasi teknologi seperti kelas komputer, dan pada aspek administrasi sekolah seperti alokasi perpustakaan dan arsip digital, (3) faktor penghambat dan pendukung program, dan (4) hasil implementasi program bahwa terdapat peningkatan kualitas belajar di sekolah penugasan berdasarkan wawancara dan tes yang telah dilakukan. Terdapat peningkatan pada numerasi 21% dan pada bidang literasi 13%.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ELENA JESICA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:05 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:05 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
View Item |