IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI MI INFARUL GHOY

Rohma, Intan Nasidatur (2024) IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI MI INFARUL GHOY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
abstrak intan.docx

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI INTAN rev2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat membaca masyarakat di Indonesia terutama di tingkat anak SD/MI sangat rendah. Pada saat ini banyak yang lebih menyukai bermain dari pada membaca buku. Dalam meningkatkan minat membaca siswa, sekolah perlu memiliki program budaya literasi. Sekolah yang sudah berusaha melaksanakan program budaya literasi yaitu MI Infarul Ghoy. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi budaya literasi di MI Infarul Ghoy (2) untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa di MI Infarul Ghoy. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah implementasi budaya literasi yaitu: adanya sudut baca di setiap kelas, melakukan kegiatan membaca 15 menit setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar, adanya jadwal kunjungan perpustakaan. Madrasah juga menerapakan tahap pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Peningkatan minat membaca siswa di MI Infarul Ghoy menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik, terlihat dari siswa yang banyak mengunjungi perpustakaan. Siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca, meminjam buku, dan mengerjakan tugas.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Nasidatur Rohma
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:37
Last Modified: 05 Nov 2024 06:37
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item