ISNAINI, DILLA RAHMA (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK TERPADU NURUL UMMAH SUKOMALO - KEDUNGPRING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
Abstrak_20051033_Dilla Rahma Isnaini.pdf Download (183kB) |
|
Text
SKRIPSI_20051033_ Dilla Rahma Isnaini.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi di era digitalisasi memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan karakter saat ini. Selain mempermudah dalam melaksanakan tugas dan penggunaan media belajar melalui internet, apabila tidak di awasi dalam penggunaan teknologi, dapat menimbulkan berbagai dampak negative seperti kemerosotan nilai moral karena telah mengalami ketergantungan terhadap gadget, menyebabkan manusia menjadi lebih individualis dan apatis terhadap lingkungan sekitar, termasuk berat dalam menjalankan ajaran agama yang dianut, kurangnya rasa toleransi akibat renggangnya interaksi sosial, dan tidak menghormati kepada yang lebih tua maupun menyayangi kepada yang lebih muda. Turunnya moralitas tersebut juga sedikit banyak memberikan pengaruh kepada tingkat religiusitas seseorang. Akibatnya banyak indikator-indikator dalam karakter religius seperti ketaatan dalam beribadah, berlaku adil, berlapang dada untuk memaafkan kesalahan orang lain, berkata dengan lemah lembut, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan tetapi dengan kebaikan. yang terabaikan bahkan tidak tertanam secara maksimal dalam diri peserta didik. Maka dari itu penanaman nilai – nilai agama sangatlah penting dalam membentuk kesadaran, etika, emosi, aspirasi, dan kepribadian yang positif. Melalui upaya kegiatan keagamaan sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk menciptakan lingkungan yang positif sehingga mampu menumbuhkan serta mengimplementasikan pendidikan karakter religius dalam diri peserta didik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di SMK Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di SMK Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data yang digunakan yaitu triagulasi metode, triagulasi sumber data, dan triagulasi teori. Adapun Hasil Penelitian ini diantaranya: implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di SMK Terpadu Nurul Ummah Sukomalo yakni memfokuskan pada kegiatan keagamaan secara efektif dan terstruktur melalui kegiatan rutin yang akan membentuk kebiasaan positif seperti pembinaan karakter religius, penjadwalan shalat dhuhur berjamaah di mushola sekolah, membiasakan membaca istighosah bersama sebelum masuk kelas, dan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar dimulai. Pendidikan karakter religius mampu menumbuhkan sikap positif yang dapat menjadi kebiasaan peserta didik, di era digital saat ini peserta didik mampu berperan aktif dan memanfaatkan segala peluang yang ada serta mengupdate dirinya menjadi pribadi yang lebih baik, kreatif dan inovatif, serta dapat berguna dan bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya. Dalam kegiatan keagamaan ini nantinya diharapkan peserta didik senantiasa mengamalkan ajaran agama islam, juga dapat membentuk kepribadian peserta didik dalam mengambil sikap dan menempatkan diri dalam berbagai situasi yang ditangani dengan sikap positif dan menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | dilla rahma isnaini |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:55 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3442 |
Actions (login required)
View Item |