ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL ULUM JELAKCATUR

Zumaroh, Zumaroh (2024) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL ULUM JELAKCATUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_20054001_ZUMAROH.docx

Download (13kB)
[img] Text
SKRIPSI ZUMAROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di MI Darul Ulum Jelakcatur sejak tahun 2022/2023 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di MI Darul Ulum Jelakcatur, 2) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan guru mengalami kendala dalam penerapan kurikulum merdeka di MI Darul Ulum Jelakcatur, 3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika dalam penerapan kurikulum merdeka di MI Darul Ulum Jelakcatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru kelas I dan guru kelas II. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Problematika guru dalam penerapkan Kurikulum Merdeka pada perencaaan, pelaksanaan dan penilaian adalah guru kesulitan menganalisis CP, merumuskan TP, Menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan model pembelajaran yang sesuai, minimnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, terbatasnya alokasi waktu dalam pembelajaran berbasis proyek serta menentukan bentuk asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, 2) Faktor penyebab guru mengalami kendala dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pemahaman guru mengenai kurikulum merdeka, belum semua guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka, dan sumber belajar buku paket siswa yang terbatas, 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah dengan cara guru berpartisipasi dalam pertemuan rutin dengan KKG, semua guru diminta untuk mengikuti pelatihan kurikulum merdeka, membuat kelompok diskusi dan mengadakan pelatihan terkait metode/model pembelajaran, menyusun buku ajar secara mandiri atau bersama KKG, dan kelompok guru membuat desain panduan proyek bersama.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ZUMAROH
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:39
Last Modified: 05 Nov 2024 06:39
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item